Langsung ke konten utama

Bab 4. Protista (ganggang, protozoa, dan protista mirip jamur.)




Assalamu’alaikum...Wr..Wb..

Penjelasan materi biologi SMA tentang bab protista. 

Silahkan baca ya..!!!

*    Protista merupakan organisme eukariot uniselular yang paling sederhana.  Respirasi terjadi secara aerobik (membutuhkan oksigen). Protista ada yang hidup soliter (sendiri-sendiri) ada juga  yang hidup berkoloni (berkelompok).
*   
Protista terdiri atas protista mirip tumbuhan (ganggang), mirip hewan (protozoa), dan protista mirip jamur.
A.    Ganggang (Alga)


1.     Ciri-ciri
*    Ganggang memiliki pigmen hijau daun (klorofil) sehingga dapat melakukan fotosintesis.
*   
Pada ganggang yang membentuk koloni berupa filamen, sel yang terletak paling bawah pada filamen membentuk pelekap. Pelekap berfungsi untuk menempel pada batu, batang pohon, dan lain-lain.

2.     Reproduksi
a.     Reproduksi Seksual

Reproduksi seksual melibatkan peleburan dua gamet untuk membentuk zigot. Reproduksi secara seksual dapat dibedakan menjadi isogami, anisogami, dan oogami.*    IsogamiDilakukan oleh organisme yang memiliki gamet-gamet dengan ukuran serta bentuk yang sama dan umumnya dapat bergerak.

*    AnisogamiDilakukan oleh organisme yang memiliki gamet-gamet dengan bentuk dengan ukuran yang berbeda. Ovum berukuran lebih besar dari sperma.

*    Oogami
Dilakukan oleh organisme yang memiliki gamet-gamet dengan kondisi yang berbeda. Ovum berukuran besar dan tidak bergerak, sedangkan sperma berukuran kecil dan dapat bergerak.

b.     Reproduksi Aseksual

*    Pembelahan Sel, yaitu sel membelah dan menghasilkan dua sel anak yang masing-masing akan menjadi individu baru.

*    Fragmentasi, yaitu terpecah-terpecahnya koloni menjadi beberapa bagian. Setiap bagian tersebut akan  tumbuh dan berkembang menjadi individu baru.

*    Pembentukan Zoospora, yaitu zoospora merupakan sel tunggal yang diselubungi selaput dan dapat bergerak atau berenang dengan menggunakan satu atau lebih flagella. Setiap zoospora merupakan calon individu baru.

Untuk klasifikasi ganggang/alga, anda bisa klik 
klasifikasi-protista-ganggangalga-dan.html

B.    Protozoa

1.     Ciri-ciri
Organel sel yang terdapat pada protozoa antara lain membran plasma, sitoplasma, dan mitokondria. Beberapa jenis protozoa memiliki inti sel lebbih dari satu.

2.     Reproduksi
Umumnya protozoa bereproduksi secara aseksual dengan membelah diri atau membentuk tunas. Reproduksi seksual protozoa adalah denagn cara konjugasi.

Untuk klasifikasi protozoa, anda bisa klik 
klasifikasi-protista-ganggangalga-dan.html

C.     Protista Mirip Jamur
Protista mirip jamur memiliki cara bereproduksi yang mirip dengan jamur, memiliki fase bergerak, dan tidak berklorofil. Protista ini dibedakan menjadi dua kelompok, yaitu:

a.     Myxomycota (Jamur Lendir)
Jamur lendir memiliki protoplasma tanpa dinding sel sehingga bentuknya seperti lendir. Contohnya Physarum cinereum.

b.     Oomycota (Jamur Air)
Protista ini hidup di air. Jamur air membentuk zoospora sebagai alat untuk berkembang biak, yaitu spora yang memiliki dua flagela sehingga dapat berenang dalam air. Contohnya  Saprolegina dan Phytophthora infestans.

Sekian pembahasan mengenai bab 4. Protista.

Terima kasih, semoga bermanfaat....!Salam dari www.materibiologisma99.blogspot.co.

Assalamu’alaikum ..wr..wb. sampai jumpa..!!   

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Klasifikasi Protista (ganggang/alga dan protozoa).

Klasifikasi Protista (ganggang/alga dan protozoa). Assalamu’alaikum..wr..wb.. Kita sudah membahas apa itu protista,  jenis-jenis protista, ciri-ciri yang dimiliki, dan reproduksinya. Sekarang kita akan bahas mengenai klasifikasi protista. Klasifikasi Ganggang (Alga). Berdasarkan pigmen yang dikandungnya, ganggang dibedakan menjadi beberapa kelompok, yaitu: a.      Chrysophyta (Ganggang Keemasan). 1.      Ciri-cirinya antara lain:     Memiliki pigmen klorofil a, klorofil c, karoten, dan xantofil.     Dinding sel terdiri atas kersik/silika.     Habitatnya di air tawar, air laut atau tempat-tempat yang basah. 2.      Peranan Tanah diatom dapat digunakan sebagai bahan penggosok, bahan pembuat isolasi, penyekat dinamit, pembuat saringan, dan bahan pembuatan cat. 3.      Contoh organisme Diatom (Navicula), Synura, Ochromonas, dan Prymnesium. b.      Phaeophyta (Ganggang Cokelat). 1.      Ciri-ciri:     Memiliki pigmen cokelat (fukosantin) yang dominan, klorofil a,  k

Bab 2. Virologi (Virus), ciri-ciri, bakteriofag, reproduksi serta penyakit-penyakit yang dapat disebabkan oleh virus.

Bab 2. Virologi (Virus), ciri-ciri, bakteriofag, reproduksi serta penyakit-penyakit yang dapat disebabkan oleh virus. Assalamu’alaikum...Wr..Wb.. Pada artikel kali ini, Admin akan membahas materi bab 2 SMA yaitu virologi (virus), ciri-ciri, cara bereproduksi dan bakteriofag, dan penyakit-penyakit yang dapat disebabkan oleh virus.   Check it out..!!   ·         Virus hanya dapat bereproduksi di sel-sel hidup lain (parasit Obligat) ·         Virus dapat dikristalkan, tidak dapat bergerak maupun melakukan                aktivitas metabolisme sendiri, dan tidak dapat membelah diri. A.     Ciri-ciri Virus Ciri-ciri virus meliputi: 1.      Bersifat aselular (tidak memiliki sel). 2.      Berukuran sangat kecil, yaitu sekitar 20-300 milimikron. 3.      Hanya memiliki satu macam asam nukleat (DNA atau RNA). 4.      Umumnya berupa semacam hablur (kristal) dan bentuknya sangat        bervariasi. 5.      Tubuh terutama tersusun atas asam nukleat yang diselubungi oleh       kapsid.